Sejarah dan Fungsi Linux

Image: canva.com

Sejarah dan Fungsi Linux Hidup di Dunia Ini

Halo, artikel kali ini sedikit berbeda dari artikel-artikel sebelumnya. Saya akan mengulas tentang sejarah dan fungsi dari Linux. Namun ini hanya untuk pengenalannya saja. Mungkin pada artikel selanjutnya saya akan membahas lebih dalam lagi mengenai Linux ini. Langsung saja simak penjelasan nya di bawah ini.

1. Sejarah Linux

Apakah anda tahu? Linux adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia ini. Namun, banyak dari kita yang tidak menyadari akan hal ini. Linux adalah sistem operasi yang menggunakan kernel linux dan aplikasi pendukung lainnya untuk bisa digunakan secara utuh layaknya sistem operasi pada umunya.

Pada tahun 1991, Linux dibuat oleh seorang mahasiswa asal Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Linus dan kawan-kawan berhasil melewati perjalanan dan proses yang panjang dalam mengembangkan Linux ini.

Hingga akhirnya pada tahun 1994 kernel linux versi 1.0 berhasil dibuat oleh Linus dan kawan-kawan. Linux telah lama digunakan untuk peralatan kehidupan sehari-hari kita mulai dari mobil, CCTV, rambu lalulintas, bahkan Smartphone android yang kita gunakan saat ini menggunakan sistem operasi Linux.

Dahulu, Unix dan Dos (sekarang Windows) sangat sulit didapatkan karena kedua sistem operasi ini bersifat tertutup dan berbayar.

2. Fungsi Linux

Jika Windows adalah sistem operasi yang terkenal dengan lisensinya harus “berbayar”, beda halnya dengan sistem operasi satu ini. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat OpenSource dan berlisensi gratis yang artinya anda bisa menggunakan sistem operasi ini tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Linux dari awal memang difokuskan untuk membuat infrastruktur jaringan internet, mesin industri dan keamanan. Linux mungkin tidak terlihat populer di kalangan kita (user biasa) jika dibandingkan Windows yang mungkin hampir 90% digunakan oleh orang awam (user biasa) untuk desktop dan laptopnya.

Lalu Linux ini dibuat untuk siapa? Untuk mereka yang berprofesi sebagai developer (programmer). Mengapa? karena di dalam dunia industri (misalnya) diwajibkan seorang developer (programmer) menggunakan Linux agar aplikasi atau programnya bisa terus mengikuti perkembangan zaman.

Penutup

Sekian untuk pengulasan mengenai sejarah dan fungsi dari Linux. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini dan jangan lupa untuk share kepada teman-teman anda. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *