Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Image: canva.com

Perangkat Keras Komputer (Hardware)

Jika ada elemen perangkat keras komputer (hardware), perangkat lunak komputer (software), dan pengguna komputer (brainware), maka komputer tersebut dapat bekerja. Di bawah ini merupakan contoh perangkat komputer fisik atau yang dapat disentuh. Peralatan semacam inilah yang disebut dengan perangkat keras komputer.

Perangkat keras komputer (hardware) dapat dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan cara pengolahan datanya. Data berasal dari kata “datum”, yang merepresentasikan fakta (nyata), merupakan peristiwa yang diambil dari suatu kejadian yang mengandung nilai-nilai yang sangat penting.

Data dapat berupa simbol, gambar, huruf, dan angka. Setelah mengolah data dengan cara tertentu, maka akan menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat dari sekedar data. Proses pengolahan data di komputer mengalami tiga tahap yaitu masukan (input), proses (processing) dan keluaran (input).

Oleh karena itu, berdasarkan pengolahan data, perangkat keras komputer (hardware) meliputi perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran.

1. Perangkat Keras Masukan (Input)

Perangkat input (masukan) adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer. Anda dapat menggunakan alat ini untuk memasukkan perintah, data atau informasi dalam peralatan pengolah komputer.

Adapun yang termasuk dalam perangkat input (masukan) ini, antara lain keyboard (papan tombol), mouse (penggerak kursor), scanner (pemindai), dan joystick (papan permainan).

a. Keyboard (Papan Tombol)

Keyboard adalah perangkat keras input yang paling umum digunakan. Terdiri dari tombol dengan fungsi khusus. Menurut posisi dan fungsinya, keyboard biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik, tombol sistem, tombol aplikasi, tombol fungsi, tombol numerik, tombol kontrol, tombol enter, dan tombol lainnya.

b. Mouse

Mouse adalah perangkat input yang fungsinya untuk menggerakkan pointer dan menunjuk ke suatu perintah atau program pada layar monitor. Ini juga digunakan untuk mengarahkan atau menempatkan kursor pada posisi tertentu di layar, memilih menu atau bahkan menggambar. Merek mouse yang umum digunakan termasuk Quantum, Genius, Logitech dan Macro.

Adapun fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut:

  1. Klik sekali (single-click), artinya menekan tombol kiri mouse dengan tepat dan cepat.
  2. Klik dua kali (double-click), ini berarti menekan tombol mouse dua kali secara akurat dan cepat, juga dapat digunakan untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder, dan lain-lain.
  3. Klik kanan (right-click), artinya menekan tombol kanan mouse dengan benar dan cepat.
  4. Klik dan geser (click-drag), artinya menahan tombol kiri mouse, lalu memindahkan posisi sesuai kebutuhan, dan melepaskannya saat mencapai posisi yang diinginkan.

c. Scanner (Pemindai)

Scanner adalah alat untuk mengubah (konversi) gambar/dokumen manual menjadi gambar/dokumen digital. Merek scanner (pemindai) yang umum digunakan antara lain: Canon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer, dan lain-lain.

d. Joystick dan Paddle

Alat ini digunakan untuk mendukung berbagai program permainan (games) di komputer. Joystick biasanya berbentuk batang/tongkat, tetapi paddle berbentuk kotak atau persegi yang terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol yang dapat mengontrol pergerakan benda/objek di komputer.

e. Touch Screen (Panel Sensitif Sentuhan)

Alat interaktif yang bekerja dengan mendeteksi apakah tangan atau stylus menyentuh layar komputer secara langsung. Panel bekerja dengan menginterupsi matriks berkas atau mendeteksi perubahan kapasitansi atau bahkan refleksi ultrasonik. Memiliki rasio kontrol/tampilan yang sama.

2. Perangkat Keras Proses

Perangkat keras komputer (hardware) lainnya adalah perangkat keras proses atau CPU (Central Processing Unit). Perangkat ini merupakan perangkat terpenting dalam komputer, dan fungsinya untuk mengontrol kerja seluruh sistem komputer.

Adapun yang termasuk perangkat keras proses antara lain, casing, power supply, motherboard, processor, memori, harddisk.

a. Casing

Casing komputer merupakan salah satu komponen komputer yang dapat digunakan sebagai tempat meletakkan komputer. Menempatkan atau menyambungkan perangkat periferal lain, seperti motherboard, power supply, drive optik, hard drive, dan lain-lain.

b. Power Supply

Catu daya (power supply) adalah perangkat yang mendistribusikan (menyalurkan) arus listrik ke berbagai jenis peralatan komputer yang terdapat di dalam CPU.

c. Motherboard

Motherboard adalah tempat pertemuan untuk semua aktivitas di komputer. Motherboard
ini adalah papan sirkuit utama komputer yang digunakan untuk memasang memori, prosesor, dan perangkat lainnya.

d. Processor atau CPU (Central Processing Unit)

CPU adalah otak dan pusat kendali berbagai peralatan komputer. CPU melakukan pemrosesan instruksi dan mengelola arus informasi yang masuk dan keluar dari komputer. CPU disebut juga mikroprosesor atau prosesor. Merek prosesor yang umum digunakan termasuk Intel, IBM dan Cyrix.

e. Memori

Memori merupakan lokasi penyimpanan data sementara di dalam komputer. Setelah mematikan komputer, data yang tersimpan di memori akan hilang. Kapasitas memori menentukan berapa banyak program yang dapat dijalankan secara bersamaan dan kecepatan komputer tersebut dalam menjalankan program.

Memori diukur dalam byte. Biasanya memorinya 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, dan lain-lain. Semakin besar kapasitas memori, semakin tinggi kecepatan komputer itu. Ada dua macam dan jenis dari memori ini, antara lain ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).

1) ROM (Read Only Memory)

ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca, tidak dapat diubah, dan memiliki atribut atau permanen, artinya dapat bertahan selamanya atau bertahan meskipun listrik sedang mati atau terputus. Saat komputer dihidupkan, ROM mulai bekerja.

2) RAM (Random Access Memory)

Ram adalah memori yang bersifat dapat dibaca dan ditulis. Data yang telah dibaca akan ditulis ke disk, dan data yang dimasukkan melalui keyboard akan disimpan di RAM. Sifat data di dalam RAM adalah pengguna dapat memasukkannya, dan itu tidak permanen, yang berarti bahwa data masukan dapat diubah, dan jika daya mati atau terputus sebelum penyimpanan, data mungkin hilang.

3. Perangkat Keras Keluaran (Output)

Perangkat keras komputer (hardware) berikutnya adalah perangkat keras keluaran (output), yaitu perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU. Perangkat yang termasuk adalah monitor, printer, dan speaker.

a. Monitor dan Kartu Video (Video Card)

Monitor dan kartu video bekerja sama untuk menampilkan teks dan gambar pada layar
monitor. Layar monitor adalah area tampilan di monitor. Monitor merupakan alat untuk menampilkan hasil kerja (output). Sama seperti layar TV yang anda lihat setiap hari, monitor akan menampilkan apa pun yang anda ketik.

Kartu video adalah papan sirkuit yang dapat ditempatkan di slot di dalam komputer. Kartu video mengubah perintah dari komputer menjadi bentuk yang mudah dipahami pada layar monitor.

b. Printer

Printer adalah salah satu alat untuk mencetak informasi atau pekerjaan dari suatu komputer. Printer dapat mencetak informasi dokumen yang muncul pada layar monitor. Kecepatan printer tergantung dari kecepatan printer dapat mencetak halaman yang kita pilih.

Kecepatan diukur menggunakan PPM (Pages Per Minutes), berapa halaman yang dapat dicetak dalam satu menit. Halaman kompleks (misalnya, halaman penuh gambar) membutuhkan waktu lebih lama untuk dicetak daripada halaman yang hanya berisi teks.

Resolusi printer menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi printer, semakin jelas gambar yang dihasilkan dan semakin jelas tampilan gambar. Resolusi printer didasarkan pada dpi (dot per inch).

Printer dengan resolusi 600 dpi biasanya cukup untuk dokumen teks, sedangkan resolusi 1200 dpi sudah cukup untuk pencetakan gambar. Merek printer yang umum digunakan termasuk HP, Canon, Epson, Lexmark, dan lain-lain.

c. Speaker

Speaker adalah perangkat keluaran yang dapat menghasilkan suara. Merek speaker umum termasuk ASUS, Philips, Genius dan Turando.

4. Peralatan Penyimpanan (Storage Device)

Selain perangkat input, proses dan output, ada juga perangkat penyimpanan. Perangkat penyimpanan adalah media yang dapat menyimpan data, informasi, instruksi, dan program secara permanen atau sementara, dan dapat diambil setiap saat. Beberapa perangkat penyimpanan adalah sebagai berikut:

a. Hard Drive atau Hard Disk

Hard drive adalah peralatan utama yang digunakan untuk menyimpan informasi dalam jumlah besar di komputer. Kapasitas hard drive termasuk 540 MB, 850 MB, 1.2 GB, 1.5 GB, 1.7 GB, 2.1 GB, 3.2 GB, 4 GB, 10 GB, 20 GB, 120 GB, dan lainnya. Hard drive juga disebut Hard disk.

Hard disk menyimpan data secara magnetis dalam tumpukan disk yang berputar yang disebut dengan Platter. Hard disk memiliki beberapa kepala/pin yang dapat membaca dan menyimpan data di disk. Merek hard drive yang umum digunakan termasuk Quantum, Seageate, Maxtor, dan WDC.

b. Removable Disk

Removable disk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar di perangkat portabel. Tipe ini digunakan untuk backup (cadangan), pengamanan atau untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya. Ada beberapa jenis removable disk yang populer, diantaranya sebagai berikut:

1) Floppy Disk

Floppy disk, menyimpan data secara magnetis. Floppy disk dapat digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer lainnya.

2) Flash Disk

Flash disk adalah alat penyimpanan yang banyak digunakan saat ini, dan keberadaannya menggeser fungsi dari disket. Flash disk berukuran lebih kecil dan kapasitasnya lebih besar dari floppy disk, mulai dari 128MB, 256MB, 512MB, 1GB hingga 16GB.

Jika anda menghubungkan Flashdisk ke USB (Universal Serial Bus) yang terpasang pada CPU, itu akan berfungsi. Merek yang beredar luas (Universal Serial Bus) termasuk Nexus, Apacer, MyFlash dan Kingston.

3) CD-ROM Drive (Compact Disk Read Only Memory)

Read only berarti anda tidak dapat mengganti informasi yang ada di dalam disk. CD-ROM adalah perangkat yang dapat membaca informasi yang disimpan pada Compact Disc (CD). CD adalah media penyimpanan yang dapat menyimpan data antara 600 dan 700 MB.

4) CD-R Drive (Compact Disk Recordable)

CD-R adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen di CD. CD-R juga dapat membaca dari CD-ROM. Anda dapat menggunakan CD-R ini untuk menyimpan data sampai 650 MB dalam satu disk. Ini memungkinkan anda untuk dengan mudah mentransfer data seperti aplikasi, data multimedia ke komputer lainnya.

5) DVD-ROM Drive

Digital Versatile Disk Read-Only Memory atau DVD-ROM. Drive DVD adalah perangkat yang digunakan untuk membaca informasi yang disimpan pada disk DVD atau disk CD. DVD merupakan media penyimpanan dengan ukuran dan bentuk yang mirip dengan CD, namun DVD memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu dapat mencapai 17 GB. Ini adalah format DVD yang paling umum digunakan:

  • DVD-R : DVD-Recordable
  • DVD-RW : DVD-Re-Writeable
  • DVD-RAM : DVD-Random Access Memory

5. Pheripheral

Selain input, proses, output dan perangkat keras penyimpanan, ada perangkat lain yang umum digunakan yaitu perangkat tambahan atau pendukung (Pheriperal), yang biasanya digunakan untuk menambahkan fungsi tertentu ke komputer. Perangkat tersebut meliputi antara lain:

a. Modem

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengakses Internet. Modem berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi gelombang sinyal digital dengan kabel telepon sehingga komputer tersebut dapat terhubung ke Internet.

b. TV Turner

TV Turner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan gambar dari saluran-saluran atau stasiun TV.

c. Sound Card

Sound Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan suara di komputer yang sedang kita gunakan.

d. LAN Card

LAN Card adalah perangkat keras yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer sehingga membentuk jaringan lokal antara komputer satu dengan komputer yang lain. Jika LAN Card dipasang, komputer dapat berkomunikasi antar komputer di lokasi tertentu.

Penutup

Sekian untuk pembahasan tentang perangkat keras komputer (hardware) nya. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Referensi:

Buku Sekolah Elektronik Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7 Ida Bagus Budiyanto dan RR Phitsa Mauliana 2010

Baca Materi Selanjutnya >

< Baca Materi Sebelumnya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *