Pengertian Kecerdasan Buatan

Image: canva.com

Pengertian Kecerdasan Buatan dan Contoh Penerapannya

Apa pengertian dari kecerdasan buatan? Lalu apa saja contoh penerapannya di dalam kehidupan nyata? Mungkin dua buah pertanyaan inilah yang akan menjadi pokok pembahasan di dalam artikel saya pada kesempatan kali ini.

Kecerdasan buatan atau bahasa yang lebih populernya artificial intellegence (AI) merupakan suatu cabang ilmu yang ada di dalam bidang komputer, yang dimana isi di dalamnya lebih menekankan pola pikir dan bekerja pada manusia, pengembangan dalam hal intellejen mesin, dan hal lain sebagainya.

Contoh penerapan dari kecerdasan buatan ini yaitu seperti pemecahan suatu masalah, pengenalan suara, dan lainnya. Saat ini kecerdasan buatan telah menjadi suatu perbincangan atau pembahasan yang menarik, dan ini tentu juga banyak dibahas oleh orang-orang yang ahli dalam bidang bisnis serta teknologi.

Tidak hanya itu saja, bahkan banyak juga dari para ahli serta analisis industri yang memiliki pendapat bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelligence ini adalah apa yang bisa kita ketahui dari masa depan atau masa kini.

Pengertian Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence bisa memungkinkan suatu mesin untuk belajar dari pengalaman, misalnya dengan cara menyesuaikan input-input yang baru, atau juga bisa melaksanakan tugas yang biasa dikerjakan oleh manusia pada umumnya.

Untuk contohnya yang secara langsung, anda bisa melihat yang ada pada komputer dan mobil saat ini. Teknologi mesin seperti komputer tersebut bisa dilatih untuk secara khusus menyelesaikan tugas dengan cara memproses data serta mengenali pola di dalam data tersebut.

Kini, kecerdasan buatan atau artificial intelligence telah menjadi hal yang dikenal dengan baik di bidang industri dan juga bisnis. Pengertian dari kecerdasan buatan ini juga akan terus dikembangkan dan bergantung pada teknologi yang diciptakan oleh manusia.

Apabila teknologi yang diciptakan oleh manusia tersebut semakin canggih, maka pengertian dari kecerdasan buatan atau artificial intellegence ini pun juga akan semakin berkembang sangat luas.

Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

Bagaimana? Apakah sudah tergambar oleh anda dari pengertian kecerdasan buatan diatas? Jika seandainya belum, anda bisa melihat apa saja contoh penerapan dari kecerdasan buatan ini sendiri khususnya di kehidupan nyata saat ini. Berikut adalah contoh penerapan yang ada:

1. Siri

Siapa yang tidak tahu Siri? Sebuah sistem asisten virtual pribadi dari Apple yang terdapat pada Iphone, Ipad ataupun MacBook. Asisten pribadi ini berupa suara seorang wanita yang dapat diaktifkan dengan suara yang ramah, dan mampu berinteraksi secara langsung dengan rutinitas kita sehari-hari.

Siri akan membantu anda baik itu dalam hal pengiriman pesan, membuka aplikasi, menemukan informasi, menambahkan acara ke kalender, memberikan suatu arahan, hingga bisa membuka panggilan suara secara otomatis.

Siri sendiri pun juga telah menggunakan sistem mesin yang sangat canggih dan mampu memperoleh pertanyaan sekaligus memahaminya dengan baik. Kurang apalagi coba?

2. Mobil Tanpa Pengemudi

Tidak hanya pada smartphone saja, tetapi mobil saat ini juga telah memiliki teknologi kecerdasan buatan yang bukan main canggihnya. Mobil tanpa pengemudi memang terdengar sedikit aneh dan asing di telinga kita. Jenis mobil ini masih sangat jarang di Indonesia.

Namun di luar negeri sana, mobil yang jenisnya seperti ini ternyata cukup populer dan banyak digunakan oleh para kaum milinieal. Mobil yang sedang kita bahas dan memiliki kecerdasan buatan ini adalah Tesla. Sebuah mobil canggih yang cocok untuk anda yang mempunyai impian seperti mobil-mobil yang ada di film hollywood.

Salah satu kelebihan dari jenis mobil ini yaitu dapat bergerak sendiri dengan sensor tanpa disetir oleh manusia dan memiliki kemampuan dalam memprediksi sesuatu. Bahkan di beberapa negara pun, mobil seperti ini telah menjadi taksi dan menjadi transportasi umum yang bisa digunakan oleh masyarakatnya.

3. Google Assistant

Cara kerjanya hampir sama seperti Siri. Namun ini adalah sebuah asisten virtual pribadi yang dikembangkan oleh Google yang ditanamkan ke perangkat-perangkat pintar seperti Smartphone, SmartTV, dan lain sebagainya.

Salah satu kecerdasan buatan yang bisa anda lihat di Google Assistant ini adalah anda bisa mencari berbagai informasi apapun itu hanya cukup mengatakan “Ok Google” lalu diikuti dengan kata-kata yang berkaitan dengan informasi yang anda butuhkan.

4. Bixby

Samsung tidak akan kalah diam dalam meluncurkan teknologi terbarunya. Ya, Bixby namanya. Jika Apple dan Google memiliki asisten virtual pribadi Siri dan Google Assistant.

Bixby hampir memiliki fungsi yang sama dengan mereka yaitu memiliki sebuah kecerdasan buatan atau artificial intellegence dalam mengenali sebuah gambar dan menelusurinya di internet.

5. Robot Penyedot Debu

Robot penyedot debu atau yang selama ini kita kenal sebagai vacuum cleaner. Jika anda malas untuk menyapu atau mengepel lantai, anda bisa gunakan robot vacuum cleaner ini.

Dengan adanya robot ini, anda tidak perlu melakukan apa-apa. Biarkan robot itu sendiri yang membersihkannya. Untuk pekerjaannya pun sangat cepat dan otomatis, jadi anda tidak perlu meragukan bagaimana hasilnya.

Penutup

Jadi, itulah sedikit pembahasan dari pengertian kecerdasan buatan sampai dengan apa saja contoh-contoh penerapannya di dalam kehidupan nyata kita saat ini. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya.

Baca Materi Selanjutnya >



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *