Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Image: canva.com

Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang pengenalan teknologi informasi dan komunikasi. Materi ini ditujukan untuk kelas VII SMP/MTS KTSP 2006. Artikel yang telah saya tulis di bawah ini memang tidak berdasarkan pengalaman saya pribadi. Akan tetapi, jika anda ingin membaca materi secara lengkapnya, anda bisa melihat referensi yang telah saya sertakan di akhir artikel ini nanti.

Sebagai makhluk individu, manusia pasti memerlukan yang namanya sandang, pangan, dan papan sebagai kebutuhan utamanya. Selain makhluk individu, manusia juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia harus berkomunikasi dengan sesamanya. Saling memberi informasi dan berinteraksi.

Awalnya, cara berkomunikasi dan berinteraksi dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun, makin lama semakin berkembang. Manusia terus menciptakan hal yang dapat mempermudah cara berkomunikasi dan mendapatkan informasi.

Dahulu orang berkomunikasi dengan cara melukis bentuk atau menggambar di dinding gua, kemudian menggunakan isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, dan surat. Hingga saat ini manusia dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan mudah, cepat, dan dari seluruh dunia sekalipun menggunakan telepon dan internet.

Alat dan sistem komunikasi yang diciptakan manusia ini dikenal dengan nama Teknologi Informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah IT.

Alat yang Berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Saat ini, walaupun terpisah dengan jarak hingga ribuan kilometer manusia dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan mudah. Manusia dapat dengan mudah menerima atau mengirim pesan atau gambar dari satu tempat ke tempat lainnya dalam hitungan detik saja.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan arus listrik dan gelombang elektromagnetik untuk mengirim dan menerima pesan. Metode mengirim dan menerima pesan ini disebut telekomunikasi. Berdasarkan caranya, telekomunikasi dapat dibedakan atas tiga macam, yaitu:

Komunikasi satu arah (Simplex). Jenis komunikasi ini berarti pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya: Televisi dan radio.

Komunikasi dua arah (Duplex). Jenis komunikasi ini berarti pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya: Telepon dan VOIP.

Komunikasi semi dua arah (Half Duplex). Jenis komunikasi ini berarti pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contohnya: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

Berikut ini ada beberapa alat-alat yang berhubungan dengan telekomunikasi serta bagaimana cara kerjanya sehingga alat tersebut dapat dikatakan sebagai alat telekomunikasi.

1. Telepon

Telepon adalah suatu alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. Pada umumnya, penemu telepon adalah seorang yang bernama Alexander Graham Bell, dengan telepon pertamanya yang dibuat di Boston, Massachusets, pada tahun 1876.

Akan tetapi, karena seorang penemu dari Italia bernama Antonio Meucci telah menciptakan telepon terlebih dahulu pada tahun 1849, dan pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, dan bukan Alexander Graham Bell.

Suara yang bergetar di udara disebut gelombang bunyi. Setiap gelombang bunyi ini dapat merambat melalui sinyal arus listrik yang melalui kabel. Ketika kita ingin berbicara menggunakan telepon, gelombang bunyi dari suara kita akan merambat melalui arus listrik mengalir disepanjang kabel hingga diterima dalam bentuk getaran udara yang menghasilkan gelombang bunyi yang dapat didengar oleh penerima telepon.

2. Radio

Radio adalah sebuah teknologi yang berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat melalui udara dan ruang hampa udara. Gelombang radio merupakan suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF).

Gelombang radio memiliki jangkauan sebesar 10 hertz hingga beberapa gigahertz. Ketika gelombang radio ini melewati kabel, pembauran dari medan listrik dan magnetik akan mempengaruhi arus bolak-balik dan tegangan pada kabel. Pada kejadian ini dapat menghasilkan sinyal audio pembawa informasi. Informasi inilah yang sering didengar lewat radio.

3. Televisi

Televisi adalah sebuah alat telekomunikasi yang berfungsi menangkap siaran bergambar. Televisi diambil dari dua buah kata yaitu tele dan vision, yang memiliki arti jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi, televisi berarti melihat jarak jauh. Penemuan televisi ini disamakan dengan penemuan roda karena mampu merubah dunia.

Dalam penemuan televisi, banyak pihak yang terlibat baik dari perorangan sampai badan usaha sekalipun. Penemuan televisi memang tidak dapat dipisahkan dari penemuan hukum dasar gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831).

4. Komputer

Komputer adalah sebuah alat yang bisa dipakai untuk mengolah informasi, menyimpan dan menghitung data. Pada awalnya, kata komputer ini dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya dengan melakukan perhitungan aritmatika tanpa harus menggunakan alat bantu. Namun, kini komputer sudah banyak digunakan untuk keperluan yang tidak berhubungan dengan matematika.

Kita ambil contohnya saja, seperti alat bantu kasir. Jika kasir tersebut menghitung tanpa menggunakan alat bantu tersebut, pastinya dia akan kerepotan menghitung semua barang-barang belanjaan. Kini dengan adanya komputer, semua barang-barang belanjaan akan lebih mudah dan cepat untuk dihitung. Itulah salah satu contoh dari penggunaan komputer di kehidupan sehari-hari kita.

Intinya, semua alat yang bersifat dapat menerima, mengolah, menyimpan, dan mengeluarkan data berupa teks, gambar, dan suara itu adalah alat yang menggunakan teknologi komputer.

Selain alat-alat yang telah diuraikan diatas, ada juga hal lain yang berhubungan dengan pengenalan teknologi, informasi, dan komunikasi kali ini, yaitu sistem jaringan. Sistem jaringan merupakan sebuah sistem yang bisa menghubungkan dan menggabungkan dari beberapa titik menjadi satu kesatuan yang mampu saling berinteraksi. Alat-alat yang berhubungan dengan sistem jaringan ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Jaringan Telepon

Jaringan telepon adalah penghubung antar komunikan atau orang yang saling berkomunikasi. Alat yang menggunakan jaringan telepon ini di antaranya adalah telepon rumah, faksimili atau alat untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk hardcopy), dan ISDN atau Integrated Service Digital Network. ISDN merupakan alat yang dapat merespon suara dan menyimpan data.

2. Jaringan yang Menggunakan Sistem Satelit

Satelit adalah pengantar, penerima, dan penguat data tanpa harus menggunakan kabel. Data atau informasi yang diantarkan ini berbentuk gelombang. Alat yang menggunakan satelit di antaranya adalah televisi, radio, telepon seluler, dan internet.

Penutup

Sekian untuk pembahasan materi mengenai pengenalan teknologi informasi dan komunikasi kali ini. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Referensi:

Buku Sekolah Elektronik Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7 Ida Bagus Budiyanto dan RR Phitsa Mauliana 2010

Baca Materi Selanjutnya >



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *