Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Image: canva.com

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kehidupan Sehari-hari

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali melanjutkan pembahasan pada artikel sebelumnya, yaitu tentang bagaimana penerapan teknologi informasi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari. Hampir semua dari kita pasti merasakan dampaknya kemajuan dari teknologi ini.

Pernahkah anda berpikir, apa yang akan terjadi jika saat ini tidak ada yang namanya televisi, telepon, dan komputer? Salah satu manfaat dari adanya teknologi informasi dan komunikasi ini adalah untuk mempercepat dan mempermudah dalam proses komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi bisa dikatakan sebagai elemen terpenting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di berbagai sektor kehidupan, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi fasilitas utama dalam kegiatan-kegiatan tertentu, karena telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perubahan yang mendasar pada struktur operasi, pendidikan, transportasi, kesehatan, dan penelitian.

Maka dari itu, kita perlu akan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dengan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, baik itu dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, maupun pengawasan.

Pada akhirnya, output yang akan dihasilkan itu bisa menjadi sangat bermanfaat baik itu bagi manusia secara individu maupun bagi semua sektor kehidupan. Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga mengharuskan manusia untuk menggunakannya di segala aktivitas mereka.

Bahkan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini, orang yang memiliki keterbatasan fisik pun juga dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Misalnya, orang yang (maaf) tuna netra bisa mengoperasikan komputer, dan mengakses internet. Jadi, di bawah ini akan saya uraikan beberapa penerapan dari teknologi informasi dan komunikasi di bidang industri, dunia bisnis, perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

1. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Industri

Salah satu penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang banyak digunakan adalah di bidang industri. Dengan adanya penerapan ini, tentu akan menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Kita ambil contoh, yaitu penerapan ERP (Enterprice Resource Planning). ERP merupakan aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen di dalam perusahaan.

Sebelum adanya aplikasi ini, cara lama kebanyakan membutuhkan waktu yang lama dan kurang efektif ketika mengatur hal-hal yang berkaitan dengan manajemen perusahaan. Selain itu, suatu perusahaan juga memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang bisa menguasai teknologi informasi dan komunikasi dan menerapkannya ke perusahaan tersebut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Bisnis

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, dunia bisnis memanfaatkan ini sebagai salah satu perdagangan yang dilakukan secara elektronik atau dikenal dengan istilah E-Commerce. E-Commerce merupakan perdagangan yang dilakukan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Biasanya, suatu barang atau jasa itu dibuat katalognya dan kemudian ditawarkan melalui situs-situs yang telah dibuat secara khusus. Jika ada konsumen atau pembeli yang berminat, mereka bisa memesan dan membayarnya melalui layanan kartu kredit atau melalui weselpos jika ingin membayar secara kontan.

Setelah proses pembayaran selesai, maka barang akan segera dikirimkan ke konsumen. Penjualan seperti ini dinamakan penjualan secara online (dalam jaringan). Salah satu kelebihan penjualan secara online ini adalah kita tidak perlu bertatap muka dengan si penjual atau pembeli.

Adapula keuntungan yang bisa kita peroleh dengan adanya E-Commerce, yaitu selaku pembeli tidak perlu kemana-mana lagi untuk membeli suatu barang ataupun jasa, sehingga bisa lebih praktis dan menghemat waktu. Akan tetapi, salah satu kerugian dan kelemahan secara online ini adalah rentan akan terhadap penipuan.

3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Perbankan

Jika berbicara tentang dunia perbankan, pasti terbesit di pikiran kita salah satunya adalah mesin ATM bukan?. Ya, dengan adanya mesin ATM ini kita lebih mudah dalam melakukan suatu transaksi antar bank. Dan ini juga merupakan contoh nyata dari penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dunia perbankan.

Banyaknya mesin ATM yang tersebar, tentu akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus pergi ke bank yang bersangkutan. Mulai dari cek saldo, penarikan tunai, transfer uang, atau membayar tagihan listrik sekalipun, semua itu bisa dilakukan secara mudah dengan adanya mesin ATM.

Tidak hanya itu saja, saat ini bank mempermudah para nasabah yang ingin melakukan suatu transaksi tanpa harus pergi ke ATM manapun. Layanan ini dikenal dengan istilah Internet Banking. Hanya bermodalkan smartphone dan internet, anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi perbankan.

4. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Pendidikan

Seiring perkembangan zaman, teknologi pembelajaran mulai berkembang dengan pesatnya. Kita bisa melihat contoh salah satunya di sekolah. Setiap sekolah menyediakan berbagai macam laboratorium, seperti laboratorium komputer yang digunakan sebagai alat praktikum ilmu teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun alat-alat praktikum yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer yang telah dilengkapi dengan jaringan LAN (Local Area Network) dan internet, serta alat-alat visual lainnya. Bahkan, sekarang staf tata usaha pun telah menggunakan sistem database sebagai penghimpun data seluruh siswa dan guru.

Adanya teknologi yang canggih saat ini, bisa memungkinkan anda untuk belajar dengan didampingi oleh guru meski terpisah jarak dan waktu, bahkan berada di luar negeri sekalipun. Sistem ini dinamakan sebagai long distance learning atau e-learning. Sistem ini biasanya dilakukan dengan menggunakan teknologi internet agar lebih mudah dan murah dalam berkomunikasi.

5. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia Kesehatan

Di bidang kesehatan pun, kita dapat menemukan banyak sekali contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi ini, mulai dari alat-alat kedokteran yang sudah menggunakan sistem digital sehingga lebih mudah dan akurat dalam mendiagnosis parameter suatu penyakit.

Rumah sakit juga telah menggunakan sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Dengan kartu ini, juru medis akan tahu apa saja riwayat penyakit yang dialami oleh pasien yang datang ke rumah sakit.

Bahkan, di rumah sakit besar telah menggunakan robot untuk membantu dalam proses operasi pembedahan. Tidak hanya itu, hasil dari pencitraan tiga dimensi penggunaan komputer bertujuan untuk menunjukkan dimana letak tumor dalam tubuh pasien tersebut.

Penutup

Jadi, penerapan teknologi informasi dan komunikasi di kehidupan sehari-hari itu ternyata sangatlah banyak. Setiap dari macam-macam bidang, teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran dan tujuannya masing-masing. Intinya adalah memudahkan kita dalam berbagai aktivitas yang dikerjakan.


Referensi:

Buku Sekolah Elektronik Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7 Ida Bagus Budiyanto dan RR Phitsa Mauliana 2010

Baca Materi Selanjutnya >

< Baca Materi Sebelumnya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *