Pemrograman Jaringan Java

Image: canva.com

Pemrograman Jaringan Java Beserta Contoh Programnya

Pemrograman jaringan merupakan salah satu mata kuliah untuk jurusan maupun program studi teknik informatika. Materi yang didapatkan dari pemrograman jaringan itu sendiri pun sangat beragam. Mulai dari yang akan saya bahas nanti yaitu pemrograman jaringan menggunakan bahasa java beserta contohnya, bahasa python beserta contohnya, dan sub materi-materi lainnya.

Apa itu Pemrograman Jaringan?

Ada dua buah pengertian atau istilah dari pemrograman jaringan ini. Pertama, pemrograman jaringan adalah pemrograman aplikasi komunikasi yang menggunakan fasilitas dan akses yang disediakan oleh jaringan komputer.

Kedua, pemrograman jaringan adalah menulis sebuah program yang akan dieksekusi antara beberapa komputer dan perangkat saling terhubung oleh jaringan. Java.net Package menyediakan dukungan terhadap dua network protocol yang biasa digunakan,
yaitu Transmission Control Protocol atau TCP dan User Datagram Protocol atau UDP.

TCP adalah sebuah Protocol yang memiliki koneksi dan memungkinkan komunikasi antar aplikasi. TCP biasanya digunakan pada internet protocol, sehingga disebut TCP/IP. Sedangkan UDP adalah sebuah protokol tanpa koneksi yang memungkinkan paket data ditransmisikan antar aplikasi.

Apa itu Java?

Menurut Atik Rusmayanti (2014). Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek dan bebas platform yang dikembangkan oleh SUN Micro System dengan jumlah keunggulan yang memungkinkan java dijadikan sebagai bahasa pengembangan entreprise. Java biasanya digunakan untuk membuat laporan yang dapat berjalan di atas HP, PDA, dan peralatan lain yang dilengkapi dengan Java Virtual Machine (JVM).

David Fajar Hermawan (2011). Melakukan penelitian yang memanfaatkan pemrograman dan jaringan dalam pembuatan sistemnya yaitu Penggunaan Teknologi Java Pada Sistem Pengendali Peralatan Elektronik Melalui Bluetooth. Komunikasi Bluetooth digunakan oleh dua buah perangkat yaitu komputer (PC) dan telepon genggam.

Pada telepon genggam untuk memulai suatu koneksi, maka pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fasilitas Bluetooth terlebih dahulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan pencarian (inquiry) sinyal Bluetooth dari perangkat lain. Apabila telepon genggam berada dalam jangkauan pencarian sinyal Bluetooth oleh perangkat lain dan perangkat tersebut memiliki layanan (service) yang diinginkan, maka dapat dibangun koneksi ke perangkat tersebut.

PC pada umumnya tidak memiliki komunikasi Bluetooth, jadi untuk dapat
menggunakannya PC harus dihubungkan dengan perangkat Bluetooth tambahan (Bluetooth dongle), seperti USB Bluetooth.

Pada merek-merek Bluetooth Adapter tertentu, ada yang sistem informasinya sudah
dikenali seperti Microsoft Windows XP Service Pack 2, sehingga tidak perlu
menggunakan driver. Setelah Bluetooth Adapter terinstalasi di PC, maka untuk
memulai komunikasi di perangkat ini harus dapat ditemukan oleh perangkat lain (discovery on).

Contoh Pemrograman Jaringan Java

Di bawah ini adalah beberapa contoh program dari pemrograman jaringan menggunakan bahasa java, antara lain:

1. Program Menampilkan IP Address Dari Suatu Komputer

Pemrograman Jaringan Java

fahrilhadi.com

Pada program diatas menggunakan seluruh package dari java net dengan membuat class bernama getIP. Pertama, deklarasikan terlebih dahulu InetAddress ini null dengan nama variabel host. Kemudian variabel host di isi dengan local host di komputer masing-masing dengan pernyataan getLocalHost(). Kemudian terdapat variabel array dengan nama IP untuk mendapatkan alamat masing-masing. Setelah itu, dilakukan perulangan untuk mencetak alamat ip tersebut.

Pemrograman Jaringan Java

fahrilhadi.com

2. Program Menampilkan Nama Komputer Berdasarkan IP Address

Pemrograman Jaringan Java

fahrilhadi.com

Pada program ini menggunakan package java net dengan nama class IPtoName. Lalu dalam method void ada String args yang berisi null. Kemudian di bawahnya ada fungsi percabangan yang berarti jika panjang args = 0 maka ia akan mencetak perintah cara penggunaan untuk memanggil nama komputer pengguna, yaitu “Pemakaian: java IPtoName <IP address>”. Akan tetapi, karena String args berisi null maka program tidak di cetak.

Kemudian String args di deklarasikan dengan nilai 0 dan variabel address di isi dengan null. Setelah itu terdapat pernyataan try, dimana fungsinya untuk menguji dan menangkap kesalahan pada program. Pada blok program try, variabel address di isi dengan pernyataan address = InetAddress.getByName(host).

Pernyataan ini memiliki arti variabel address harus di isi dengan nama host atau nama komputer tersebut. Jika program tidak menemukannya, maka pernyataan try akan menangkap kesalahan tersebut lalu akan mencetak “Invalid IP – malformed IP”. Setelah keluar dari blok try tersebut, barulah program akan mencetak nama komputer pengguna.

Pemrograman Jaringan Java

fahrilhadi.com

3. Program Menampilkan IP Address Berdasarkan Nama Komputer

fahrilhadi.com

Sama seperti program di atas, program ini masih menggunakan package java net namun dengan nama class NsLookup. Kemudian di dalam method void ada String args berisi null. Lalu di bawahnya ada sebuah percabangan If yang berarti jika panjang args = 0 maka ia akan mencetak “Pemakaian: java NsLookip <hostname>” tetapi krn String args nilainya null, maka program tidak akan di cetak.

Setelah itu ada blok program kesalahan try. Pada blok program ini, variabel address di isi dengan pernyataan address = InetAddress.getByName(host). Pernyataan ini memiliki arti bahwa variabel address diisi dengan nama host atau komputernya.

Jika program tidak menemukannya, pernyataan try ini akan menangkap sebuah kesalahan dan akan mencetak pernyataan “Unknown host” atau nama komputer tidak diketahui dan akan keluar dari program. Setelah itu, variabel ip di isi dengan fungsi getAddress yang kemudian di isi dengan ip pengguna. Kemudian program akan mencetak ip address tersebut.

fahrilhadi.com

Penutup

Sekian untuk pembahasan mengenai pemrograman jaringan menggunakan bahasa java beserta contoh program sederhananya. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Materi Selanjutnya >



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *