Mengenal Android dan Fitur di Dalamnya

Image: canva.com

Mengenal Android dan Fitur yang Terdapat di Dalamnya

Halo, pada artikel kali ini aku akan mengulas sedikit tentang Mengenal Android dan Fitur yang Terdapat di Dalamnya. Kamu mungkin pernah mendengar android ini, bukan sekedar pernah mendengar lagi tetapi sudah sering bahkan nama tersebut tidak bisa kamu pisahkan dari genggamanmu.

Genggaman disini bukan berarti untuk si doi 🙂 akan tetapi barang yang selalu kamu pegang yaitu smartphone. Nah, disinilah android berperan penting dalam pengoperasian smartphone tersebut. Selain itu, ternyata banyak sekali fitur-fitur dari Android ini yang jarang diketahui sebagian orang. Tanpa basa basi, berikut ulasannya.

Android adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Linux Kernel. Linux Kernel adalah basis dari sistem operasi android. Linux digunakan karena threading dan manajemen memori tingkat rendah, mempunyai fitur keamanan, dan driver (sebuah software yang menghubungkan antara hardware dengan komputer itu sendiri).

Kita kembali ke topik awal, android dibuat khusus untuk perangkat mobile dengan antarmuka pengguna yang menggunakan layar sentuh atau bahasa gaulnya touch screen. Android sudah digunakan oleh lebih dari 80% penduduk dunia. Android juga mengembangkan platformnya ke arah jam pintar atau kamu lebih mengenalnya dengan nama smart watch, beserta tv dan mobil.

Mobil saja sudah menggunakan sistem operasi, begitu canggih teknologi saat ini. Android sudah memiliki lebih dari 3.5 juta aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Kamu bisa unduh aplikasi apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan.

Pengembangan aplikasi pada platform mobile menggunakan android ini relatif mudah, murah dan terbuka. Jadi, bagi kalian seorang android developer pemula tentu akan sangat mudah sekali.

Tapi, sebelum itu kamu harus tahu dulu bagian-bagian apa saja yang terdapat dalam android itu sendiri. Maka, kamu akan lebih mudah dalam mengembangkannya.

Pada android terdapat istilah antarmuka atau bahasa gaulnya lagi user interface. Istilah antarmuka ini bisa kita ibaratkan seperti menatap muka satu sama lain, dan disini maksudnya bukan menatap muka dengan si doi tadi 🙂 melainkan dengan layar smartphone kamu.

Android memiliki beberapa cara interaksi dengan pengguna atau user atau kamu antara lain:

  • Isyarat Sentuh : menggesek, mengetuk, mencubit
  • Keyboard Virtual : karakter, angka, emoji
  • Bluetooth, USB Controller dan Periferal

Selain user interface, pada android terdapat juga beberapa fitur sensor antara lain:

  • Materi perangkat akan berotasi bila diperlukan
  • Berjalan kaki akan menyesuaikan posisi di peta
  • Memiringkan kemudi mobil virtual atau mengontrol mainan fisik
  • Bergerak terlalu cepat menonaktifkan interaksi game

Dan terakhir ada layar beranda atau homepage. Pada layar beranda terdapat beberapa item antara lain:

  • Ikon untuk berbagai aplikasi
  • Widget untuk konten langsung seperti kalender, kalkulator, lampu senter
  • Beranda juga bisa berisi beberapa halaman
  • Terdapat folder untuk mengatur kategori aplikasi
  • Ok Google Voice Recognition, dengan merekam suara kamu maka google akan mencari informasi berdasarkan apa yang kamu katakan, seperti “Ok Google, Call My Father” dan google akan melakukan perintah untuk memanggil papa kamu.

Dari jutaan aplikasi android yang ada di Google Play Store kamu, pasti memiliki kegunaan dan keunggulannya masing-masing. Sebagai contohnya saja aplikasi WhatsApp yang biasa kita gunakan dalam berbagai hal, bisa mengirim dan menerima pesan, suara, bahkan video.

Kamu ingin mengedit dokumen ? juga bisa di android dan tidak perlu menggunakan laptop, kamu cukup mengunduh aplikasi Office di smartphone kamu. Jadi, banyak sekali kelebihan dari Android itu sendiri.

Sekian ulasan singkat tentang Mengenal Android dan Fitur yang Terdapat di Dalamnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *