Keselamatan Kerja Pengguna Komputer

Image: canva.com

Keselamatan Kerja Pengguna Komputer

Keselamatan kerja pengguna komputer adalah artikel lanjutan dari postingan saya sebelumnya. Tahukah anda? Selain membantu dalam menyelesaikan pekerjaan anda, komputer juga dapat membawa kerugian bagi anda.

Saat bekerja dengan komputer, monitor dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan pada mata karena radiasi yang dipancarkan komputer bisa membahayakan mata.

Bisakah anda membayangkan ini terjadi selama bertahun-tahun? Penyakit yang disebabkan oleh penggunaan perangkat dalam waktu lama disebut cedera regangan berulang atau Repetitive Strain Injury (RSI).

Untuk mengurangi hal-hal yang merugikan saat menggunakan komputer, anda perlu mempertimbangkan faktor penggunaan komputer. Saat menggunakan komputer, anda harus memperhatikan postur tubuh anda.

Bagaimana postur tubuh yang benar saat menggunakan komputer? Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat menggunakan komputer.

1. Pandangan Mata

Monitor komputer memancarkan radiasi yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. Mata yang sering terpapar radiasi dapat mengalami kerusakan, termasuk mata kaku, radang mata, bahkan miopia atau lensa cembung. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada mata, ikuti tips di bawah ini.

  • Tempatkan monitor komputer dengan menjaga layar monitor tetap di bawah mata. Jarak antara monitor dan mata sekitar 45 cm. Sudut pandang tegak lurus dengan tampilan monitor.
  • Jangan memiringkan monitor terlalu tinggi atau terlalu dibawah, ini akan mempengaruhi otot leher karena leher lebih cenderung kaku dan pegal.
  • Gunakan paper holder untuk meletakkan bahan-bahan ketikan. Letakkan paper holder sedekat mungkin dengan layar monitor. Hal ini dapat mengurangi gerakan kepala dan mata, serta perubahan akomodasi mata.
  • Gunakan anti radiasi pada layar komputer anda. Fungsi anti radiasi adalah menyaring radiasi yang dipancarkan dari layar, sehingga radiasi yang dipancarkan sangat kecil.
  • Atur dan sesuaikan cahaya komputer anda agar tidak terlalu gelap atau terlalu terang.
  • Bersihkan layar monitor anda untuk mengurangi pelepasan muatan listrik statis.
  • Beristirahatlah secara berkala.
  • Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menghindari mata kering.

2. Posisi Badan

Saat menggunakan komputer, punggung anda harus nyaman dan rileks untuk menghindari cepat lelah. Badan harus lurus dan sandaran harus diletakkan di sandaran kursi. Jangan membungkuk atau terlalu bersandar ke belakang.

Posisi bahu dan siku juga harus rileks agar otot tidak kaku. Jika memungkinkan, gunakan kursi dengan bantalan yang kuat namun lembut. Jika anda merasa lelah dan kaku, luangkan waktu beberapa menit untuk meregangkan dan mengendurkan otot.

3. Posisi Tangan

Saat menggunakan keyboard dan mouse, tangan tidak boleh terlalu jauh atau terlalu dekat. Jaga tangan anda tetap sejajar dengan keyboard. Tempatkan mouse di sebelah keyboard.

4. Posisi Kaki

Sisakan ruang yang cukup untuk latihan pergerakan kaki. Biasanya saat duduk, kaki anda cepat menjadi kaku, pegal, atau bahkan kesemutan. Posisi telapak kaki harus rata dengan lantai. Jika perlu, gunakan penyangga kaki pada meja.

Penutup

Sekian untuk pembahasan tentang keselamatan kerja pengguna komputer. Terima kasih, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.


Referensi:

Buku Sekolah Elektronik Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 7 Ida Bagus Budiyanto dan RR Phitsa Mauliana 2010

Baca Materi Selanjutnya >

< Baca Materi Sebelumnya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *