Fungsi Tombol-Tombol Keyboard Komputer Lengkap

Image: canva.com

Fungsi Tombol-Tombol Keyboard Komputer Lengkap

Di zaman modern sekarang ini, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan komputer atau laptop. Alat untuk mengolah data dengan cepat dan efisien ini dilengkapi dengan berbagai perangkat pendukung, salah satunya adalah keyboard. Lalu apa saja fungsi dari tombol-tombol keyboard tersebut?

Agar bisa menggunakan komputer atau laptop, fungsi keyboard itu sendiri sangatlah penting. Penggunaan keyboard ini terkait dengan banyak fungsi komputer. Keyboard sendiri merupakan salah satu perangkat input yang ada pada komputer atau laptop.

Ada banyak tombol pada keyboard, termasuk tombol huruf dan tombol angka. Keyboard pada komputer dan laptop memiliki bentuk yang hampir sama, dan fungsi dari tombol-tombol keyboard itu sendiri juga sangat berbeda.

Meskipun Anda jarang menggunakan tombol pada keyboard Anda, fungsi sebenarnya dari tombol-tombol keyboard ini dapat membantu Anda melakukan tugas di komputer dengan lebih mudah. Berikut ini adalah fungsi dari tombol-tombol keyboard, yang dapat mempermudah pekerjaan Anda menggunakan komputer, sehingga tidak rumit.

Tombol Ketik (Typewriter Keys)

Tombol-tombol ini terdiri dari huruf, angka, tanda baca, simbol khusus, dan tombol dengan fungsi khusus. Fungsi tombol khusus adalah sebagai berikut.

  • Tab
    Fungsi tombol tab ini untuk memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan.
  • Back Space
    Fungsi tombol backspace ini untuk menghapus 1 karakter ke sebelah kiri kursor.
  • Caps Lock
    Tekan tombol ini untuk menyalakan indikator caps lock. Artinya huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau kapital. Saat indikator caps lock mati, itu akan berubah menjadi huruf kecil.
  • Esc
    Fungsi tombol esc untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu, atau keluar dari suatu aplikasi.
  • Ctrl (Control) dan Alt (Alternative)
    Saat ditekan bersamaan dengan tombol lainnya, tombol ini memiliki fungsi khusus. Misalnya, untuk memblokir lembar kerja, anda dapat menggunakan Ctrl+A untuk menyelesaikannya. Tekan Alt+F4 untuk menutup program yang sedang aktif.
  • Shift
    Saat ditekan bersamaan dengan suatu huruf, maka huruf tersebut akan berubah menjadi huruf kapital. Misalnya, Shift+a = A. Selain itu, seperti tombol Ctrl dan Alt, jika tombol Shift dan tombol lainnya ditekan secara bersamaan, tombol Shift akan memiliki fungsi khusus.
  • Space
    Fungsi tombol space untuk membuat spasi atau jarak pada suatu teks.

Tombol Sistem (System Keys)

Tombol sistem hanya terdiri dari tombol Windows di sebelah kiri dan kanan tombol pengetikan. Tombol Windows ini merupakan jalan pintas untuk membuka menu Start.

Tombol Aplikasi (Application Keys)

Tombol sistem hanya terdiri dari tombol aplikasi. Fungsi tombol ini sama seperti saat anda mengklik kanan mouse sesuai program yang sedang aktif.

Tombol Fungsi (Function Keys)

Tombol ini terdiri dari F1 hingga F12 yang terletak di bagian atas keyboard. Tombol tombol ini memiliki berbagai fungsi atau mungkin tidak berfungsi sama sekali. Itu tergantung pada kapan sistem operasi diinstal dan program sedang berjalan.

Tombol ini juga dapat digunakan saat digabungkan dengan tombol lain (seperti tombol Alt atau Ctrl). Misalnya, saat menggunakan Microsoft Windows, anda dapat menekan Alt+F4 untuk menutup program yang sedang aktif. Berikut ini adalah beberapa fungsi tombol F1 hingga F12.

Tombol F1, digunakan untuk membuka menu bantuan. Jika anda menekan tombol ini saat menggunakan program, itu akan memberi anda bantuan untuk program tersebut.

Tombol F2, digunakan untuk mengubah nama saat menggunakan Windows/Windows Explorer. Cukup klik pada file atau folder dan tekan F2. Anda dapat memasukkan nama baru, lalu klik di luar kotak nama atau tekan [Enter] untuk menggantinya dengan nama yang anda masukkan.

Tombol F3, jika menggunakan Windows/Windows Explorer, tombol ini digunakan untuk membuka jendela pencarian file (Find Files).

Tombol F4, tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika anda menggunakan Internet Explorer, anda dapat membuka bilah alamat (Address Bar). Ini dapat mempercepat pemilihan alamat situs web yang dibuka sebelumnya.

Jika anda menekan tombol F4 dan tombol Alt secara bersamaan, Anda dapat menutup semua jendela aktif (sama seperti mengklik tombol tutup di sudut kanan atas jendela).

Tombol F5, dengan menekan tombol ini anda akan mendapatkan fungsi refresh (membuka kembali). Di Internet Explorer, tombol ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa anda membuka halaman terbaru. Tombol ini juga dapat digunakan untuk menyegarkan tampilan di Windows/Windows Explorer.

Setelah menghapus disk sebelumnya, ini dapat digunakan untuk melihat isi disk yang baru, tetapi di Windows, ini masih menampilkan konten disk pertama. Cukup tekan tombol ini dan Windows akan menampilkan konten disk yang baru saja anda masukkan.

Tombol F6, tombol ini biasanya digunakan untuk menggerakkan kursor pada struktur program tanpa menggunakan mouse.

Tombol F7, pada Windows itu sendiri, tombol ini tidak memiliki fungsi khusus. F7 biasanya bekerja di program atau game tertentu. Misalnya, untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa di dokumen Microsoft Word.

Tombol F8, saat komputer mulai (aktivasi awal komputer), F8 biasanya digunakan untuk mengakses mode aman. Ini adalah mode pemecahan masalah yang memungkinkan komputer untuk memulai dengan kondisi pemrograman minimal.

Tombol F9, memiliki fungsi yang sama dengan F7. Misalnya, buka toolbar pengukuran di program Quark 5.0.

Tombol F10, adalah tombol yang perlu anda tekan ketika anda ingin mengaktifkan bilah menu di banyak program, biasanya menampilkan menu teratas File, Edit, View, dan lainnya. Caranya adalah dengan menekan tombol ini, lalu anda akan melihat menu pertama yang berwarna lain.

Sekarang untuk memindahkan dan membuka menu, cukup gunakan tombol panah. Menggunakan tombol ini bersama dengan tombol [Shift] akan membuka menu pintasan (shortcut). Sama seperti menggunakan klik kanan.

Tombol F11, tekan tombol ini saat menggunakan Internet Explorer, lalu di jendela akan ditampilkan dalam kondisi layar penuh. Ini juga akan menghapus semua bilah alat (toolbar) yang ada di Internet Explorer, sehingga anda dapat memperluas cakupan. Tekan lagi untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Tombol F12, memiliki fungsi yang sama dengan F7 dan F9. Misalnya, untuk membuka jendela “Save As” di program Microsoft Word. Jika anda menggunakannya dengan kombinasi Ctrl dan Shift, ini cocok untuk mencetak (print) dokumen Microsoft Word.

Tombol Numerik (Numeric Keypad)

Terdiri dari angka (dari 0 hingga 9) dan tanda operasi matematika. Tombol ini biasanya terletak di sisi kanan keyboard. Terdiri dari angka dan tombol panah. Indikator bahwa tombol-tombol ini aktif ditunjukkan oleh lampu num lock. Jika lampu num lock menyala, maka tombol-tombol ini akan berfungsi sebagai angka (Numeric). Jika lampu mati, tombol ini berfungsi sebagai tombol panah.

Tombol Kontrol (Cursor Control Keys)

Tombol ini memiliki empat tombol khusus yang digunakan untuk mengatur pergerakan titik tertentu pada tampilan monitor, yaitu kanan, kiri, atas dan bawah.

Tombol Enter

Fungsi tombol ini adalah untuk berpindah ke baris baru atau menjalankan proses perintah pada program Microsoft Word.

Tombol – Tombol Lainnya

Fungsi tombol-tombol keyboard lainnya adalah tombol Delete yang berfungsi untuk menghapus satu karakter pada posisi kursor. Sedangkan tombol keypad Home berfungsi menuju ke awal baris, End berfungsi ke akhir baris, Page Up berfungsi menggerakkan kursor layar ke atas, dan Page Down berfungsi menggerakkan kursor layar ke bawah, dimana fungsi semua tombol ini sama yaitu untuk memindahkan posisi kursor.

Penutup

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *