Cara Menjadi Developer Android

Image: canva.com

Cara Menjadi Developer Android Untuk Pemula

Halo, pada artikel kali ini aku ingin berbagi kepada kamu Cara Menjadi Developer Android Untuk Pemula. Artikel ini aku rasa cocok buat kamu yang sekiranya ingin menjadi seorang developer android pemula.

Tapi, alangkah baiknya kamu harus tahu dan mengenal terlebih dahulu apa itu android dan fitur-fitur apa saja yang terdapat di dalamnya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih mudah dalam mengembangkan aplikasi pertamamu.

Menjadi seorang developer android memang membuatmu terlihat keren, dengan ngoding kamu bukan hanya bisa mengembangkan aplikasi saja bahkan kamu bisa membuat aplikasimu sendiri, itu merupakan suatu kebanggan tersendiri tentunya.

Tetapi, untuk kamu yang ingin terjun ke dalam dunia developer android tapi kamu tidak mengerti apa itu koding, bahasa pemrograman dan lainnya. Zaman sekarang sudah canggih kawan, kamu bisa belajar dimana dan kapan saja hanya bermodalkan kuota dan smartphone kamu. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Tetap semangat.

Sebelumnya kamu harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan agar nantinya kamu bisa lebih mengerti dan mudah dalam mengikuti langkah-langkah yang aku berikan nantinya. Berikut adalah bahan yang harus kamu punya.

1. Install Java IDE

Silahkan kamu install Java IDE https://www.java.com/ES/download/ sesuai sistem operasi komputer kamu (Windows32/64, Linux, MacOS).

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

2. Install Android Studio dan SDK

Setelah kamu download dan install Java IDE diatas. Silahkan install juga Android Studio dan Android SDK (include) di https://developer.android.com/studio/. Tools inilah yang nantinya kamu gunakan untuk mengembangkan dan membuat aplikasi pertamamu.

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

3. Buka Android Studio

Untuk Android Studio ini ukurannya lumayan besar, aku sarankan agar kamu menggunakan Wifi saja. Tapi, apalah artinya 1 GB dibandingkan streaming Youtube kamu yang non-stop setiap harinya. Setelah kamu download dan install tools diatas, selanjutnya kamu buka Android Studio mu dan buat Project baru.

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

4. Konfigurasi Project

Pada langkah ini, silahkan isi nama project kamu (contoh : Project Pertama). Kemudian isi nama package dengan (contoh : com.fahrilhadi.projectpertama). Pilih lokasi project (kamu bisa pilih sesuai keinginanmu). Setelah itu, ganti bahasa pemrograman menjadi Java. Pilih minimum SDK (versi Android kamu contoh : Android 9.0 Pie). Lalu klik Finish. Tunggu hingga proses gradle selesai.

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

5. Pilih Activity_Main.XML

Setelah itu, klik activity_main.xml. Lalu pilih text “Hello World” kemudian klik kanan pada mouse. Pilih Go to XML (CTRL + B).

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

6. Edit Text “Hello World”

Ganti text “Hello World” sesuai yang kamu inginkan (contoh : android:text=”Selamat Datang Project Pertama”).

Cara Menjadi Developer Android

fahrilhadi.com

7. Perlengkapan Sebelum Debugging

Untuk menjalankan aplikasinya, kamu membutuhkan Smartphone Android, kabel data, dan aplikasi Universal ADB Driver. ADB (Android Debug Bridge) adalah tools perantara antara Android Studio dan Smartphone kamu untuk melakukan testing pada aplikasi yang sudah kamu buat tadi. Silahkan kamu download dan install ADB Driver https://adb.clockworkmod.com/.

fahrilhadi.com

8. Aktifkan Fitur USB Debugging

Untuk melakukan debugging langsung, kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging pada Developer Option di Smartphone Android kamu. Langkah pertama buka Smartphone Android kamu lalu pilih Settings (pengaturan). Kemudian pilih opsi About Phone (tentang ponsel). Klik Build Number 7x  sampai muncul pesan (you are now a developer).

fahrilhadi.com

9. Proses Debugging

Setelah itu kembali lagi ke menu Settings (pengaturan) dan akan muncul option baru yaitu Developer Options, pilih ini. Aktifkan Development Mode dan USB Debugging. Kemudian sambungkan Smartphone kamu dengan PC/laptop menggunakan kabel data. Bila muncul pesan Allow USB Debugging, pilih saja Allow. Lalu nama perangkat kamu kini muncul pada menu Testing Device. Klik tombol Play untuk memulai proses Debugging.

fahrilhadi.com

10. Hasil Akhir

Berikut adalah contoh hasil dari Project Pertama yang telah dibuat.

fahrilhadi.com

Bagaimana, mudah bukan? itulah Cara Menjadi Developer Android Untuk Pemula yang bisa kamu coba khususnya yang tertarik dunia developer android tapi bingung mau mulai dari mana.

Jika ada kendala dalam melakukan langkah-langkah diatas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini atau bisa melalui laman contact di atas.

Jangan lupa untuk share kepada teman-teman kamu lainnya. Terima kasih telah meluangkan waktumu untuk membaca blog ini.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *